Rabu, 16 Maret 2011

Contoh Proposal pameran Industri

PAMERAN INDUSTRI KREATIF
BPD HIPMI BALI

Pendahuluan

Bali merupakan salah satu bagian integrasi dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dilihat dari potensi sumber daya alam relative kecil sehingga industri berskala besar dengan teknologi tinggi sulit untuk dikembangkan. Kendati demikian, Bali masih memiliki sumber andalan yang sekaligus menjadi kekuatan perekonomian rakyat yakni disektor industri pariwisata, industri kerajinan dan industri pertanian.

Dimasa krisis perekonomian global, industri manufactur mengalami penurunan bahkan sampai pada PHK karyawan yang pastinya menambah pengangguran dan menurunkan daya beli masyarakat. Namun demikian sektor UKM sebagai salah satu penggerak perekonomian Bali masih tetap mampu mempertahankan usahanya, walaupun hanya sebatas tetap berjalannya usaha yang digeluti tanpa memberhentikan karyawan yang ada. Ini membuktikan betapa kuatnya sektor UKMK ini dalam menopang perekonomian daerah.

Dalam mengantisipasi pasar bebas ini, dimana gempuran produk luar dengan harga yang demikian murah telah menyerbu pasar kita. Menghadapi hal ini,  pengusaha dituntut untuk bisa berkreasi dalam mengembangkan produk. Industri yang berbasis kreatif kini memang sangat dibutuhkan guna mengimbangi serbuan produk luar.

Guna mengimbangi hasil produksi yang berbasis kreatif ini agar dikenal oleh berbagai kalangan maka diperlukan adanya pemasaran yang tepat. Pameran merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengenalkan produk-produk ke khalayak luas.

Untuk itu BPD HIPMI Bali berinisiatif untuk menjembatani pemasaran dengan  menyelenggarakan pameran yang dihasilkan para UKM yang berbasis kreatifitas. Dalam pameran ini akan ditampilkan produk-produk industri kreatif yang dihasilkan oleh para pengusaha baik yang tergabung dalam wadah BPD HIPMI Bali maupun yang dihasilkan oleh para UKMK binaan HIPMI Bali.

Stand yang disediakan oleh BPD HIPMI Bali untuk para UKM ini akan diberikan secara cuma-cuma guna meringankan beban pembiayaan serta membantu dalam memasarkan produknya serta mendorong kreatifitas mereka dalam menghasilkan produk. Hal ini tentu sangat membantu guna mengembangkan usaha sehinga multiflayer efek akan sangat terasa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dalam pameran akan diisi pula dengan business matching dengan beberapa buyer baik lokal maupun luar negeri yang mudah-mudahan mampu menghasilkan kesepakatan bisnis.

Acara ini merupakan rangakian dari acara silahturahmi BPD HIPMI Bali yang bertujuan untuk menjalin tali silahturahmi antar pengurus serta dengan para senior.

Maksud dan Tujuan

1.            Menjembatani promosi produk industri kreatif dari anggota HIPMI Bali
2.            Mempertemukan antara buyer dan seller
3.            Silahturahmi antar pengurus aktif dengan senior, BPC dan anggota lainnya.

Tema Kegiatan

Dengan Cinta Kasih Kita Tumbuhkan Jiwa Kreatifitas Pengusaha Muda Dalam Akselerasi Pembangunan Daerah Dan Nasional Dalam Era Perdaganan Bebas


Penyelenggara

Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Bali Periode 2007 - 2010


Waktu dan Tempat

Pameran Industri Kreatif ini diselenggarakan pada :
Hari                        : Minggu
Tanggal : 14 Februari 2010
Tempat                : Desa Budaya Kertalangu

Undangan

Memperhatikan dari sisi begitu pentingnya acara ini, maka komponen-komponen atau tokoh-tokoh masyarakat yang dimohon hadir adalah:
1.            Gubernur Bali
2.            Jajaran Muspida Pemprop Bali
3.            Kepala Pemerintahan Seluruh Kabupaten dan Kota
4.            Ketua DPRD Propinsi, Kabupaten dan Kota
5.            Perguruan Tinggi/Akademisi
6.            Pengurus Asosiasi / Himpunan / Gabungan KADINl
7.            BPP HIPMI
8.            Beberapa BPD HIPMI terdekat
9.            Seluruh Pengurus dan anggota BPD dan BPC HIPMI Bali
10.          Sesepuh dan senior HIPMI Bali
11.          Perbankan dan BUMN
12.          Mass Media

Rencana Anggaran Biaya

Berdasarkan hasil rapat pengurus, estimasi biaya yang dibutuhkan sebagai berikut :
1.  Biaya Persiapan                                                                                                           Rp   1,000,000
2.  Penyewaan Ruang & konsumsi (200 peserta * 125,000)            Rp 34,250,000
3.  MC                                                                                                                   Rp   1,500,000 
6.  Transportasi                                                                                                 Rp   1,500,000
7.  Publikasi (cetak dan elektronika)                                                         Rp   3,500,000
8.  Dokumentasi                                                                                                               Rp   1,000,000
9.  Partisi stand (20 x 1,200,000)                                                                 Rp   2,400,000
11. Biaya Tak Terduga                                                                                     Rp   

 T O T A L                                                                                              Rp           91.025.000

A.            SUMBER DANA

Keberhasilan dari acara ini tidak hanya semata-mata ditunjang oleh sebuah idealisme saja, tetapi tidak terlepas dari kesediaan para donatur untuk menunjang terselenggaranya kegiatan ini. Oleh karena itu sumber dana diupayakan dari berbagai pihak yang dapat memanfaatkan kesempatan ini dalam bentuk sponsorship yang nantinya mampu sebagai ajang pengenalan produk.

Kategori Sponsor :
1.            Sponsor Utama                 : Membiayai 50 %
a.            Disediakan waktu presentasi produk sekitar 30 menit
b.            Disediakan mini Stan berupa 1 meja dan kursi
c.             Penyebaran brosur-brosur pada saat acara berlangsung
d.            Foto-foto kegiatan

2.            Sponsor Pendamping     : Membiayai 25%
a.            Disediakan waktu presentasi produk sekitar 20 menit
b.            Disediakan Mini Stand berupa 1 meja dan kursi
c.             Penyebaran brosur-brosur pada saat acara berlangsung
d.            Foto-foto kegiatan

3.            Sponsor Penunjang : Rp 10.000,000
a.            Disediakan waktu presentasi produk sekitar 10 menit
b.            Disediakan Mini Stand berupa 1 meja dan kursi
c.             Penyebaran brosur-brosur pada saat acara berlangsung
d.            Foto-foto kegiatan

4.            Donatur               (Sumbangan yang tidak mengikat)
a.            Penyebaran brosur-brosur pada saat acara berlangsung
















B.            PENUTUP

Hal-hal yang belum diatur dalam proposal ini dapat dibicarakan kemudian. Proposal ini jauh dari sempurna namun diharapkan dapat memberi arah dan gambaran tentang pelaksanaan acara Seminar, sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik seperti yang diharapkan. Untuk suksesnya pelaksanaan Seminar ini, keterlibatan semua pihak yang dilandasi kesamaan visi dan misi dengan BPD HIPMI Bali sangat diharapkan dan akhirnya dapat memberikan arahan terhadap kemajuan perekonomian yang dicita-citakan.

Denpasar,   Februari 2010
PANITIA PELAKSANA PAMERAN
BADAN PENGURUS DAERAH
HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA
Masa Bakti 2007 -2010

Ketua Panitia                                                                                 Sekretaris


                               
Mengetahui,
Ketua Umum BPD HIPMI Bali


I Nyoman Seniweca, ST

Tidak ada komentar:

Posting Komentar