Rabu, 16 Maret 2011

Contoh Proposal Kerjasama IT

PROPOSAL KERJASAMA
Sistem Pemasaran
1.            Latar Belakang
Teknologi Informasi di massa saat ini berkembang dengan pesatnya dan bukan lagi menjadi tren atau pun gaya hidup melainkan sebagai salah satu kebutuhan yang tidak sedikit pengunanya. Penguna – penguna teknologi informasi berasal dari berbagai ruang lingkup. Dari  lingkungan sekolah, kampus, instansi maupun masyarakat umum. Hal ini tentunya di sebabkan oleh kemudahan dalam bekomunikasi terlebih di dukung dengan fitur – fitur yang ada sehingga memabantu pengunanya dalam kenyamanan serta kemudahan berkomunikasi. Salah satu media komunikasi ini adalah komputer, penguna dari teknologi ini sudah tidak lagi sedikit jumlahnya. Hal ini di buktikan dengan adanya mata pelajaran komputer yang sudah menjadi kurikulum sejak Sekolah Menengah Pertama ( SMP), bahkan tidak sedikit lapangan pekerjan yang di perlukan ke ahlian di bidang komputer dan tidak sedikit pula perguruan tinggi yang mengunakan Teknologi Informasi sebagai Mata Kuliah, sebagai media Informasi, media penganjaran maupun sebagai Sarana Penyimpanan database di berbagai perguruan Tinggi.
Kebutuhan akan teknologi informasi di bidang komputer ( Laptop maupun desktop) sangatlah besar. Untuk mempermudah pekerjan dari sekolah, perguruan tinggi maupun instasni-instansi pemerintah ataupun perusahaan. Tidak sedikit yang merasakan manfaat dari Komputer sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan, baik itu komputer desktop maupun laptop.
Banyaknya keluhan yang muncul di berbagai kalangan. Baik kalangan pelajar, mahasiswa maupun pegawai yang kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan jika mengunakan komputer desktop terlebih jika waktu di rumah atau di kantor lebih sedikit sehingga tidak memungkinakan untuk mengerjakan pekerjaan dengan komuter desktop. Sebagai contoh: di beberapa perguran tinggi banyak terjadi di kalangan mahasiswa yang kesulitan dalam mengerjakan tugas, laporan, skripsi karena kondisi yang mobile , terlebih mahasiswa yang aktif atau mahasiswa yang mobile, seperti mahasiswa yang berorganisasi, mahasiswa entrepreneur, maupun mahasiswa yang biasa-biasa saja. Permasalahan yang sering terjadi adalah ketika mahasiswa yang mendapat tugas dari para dosen ataupun ketika materi kuliah bukanlah paper namun berupa file Pdf, doc, excel, ataupun coding-coding yang di rasa tidak mungkin di cetak karena banyak, terlebih jika harus kerja kelompok. Sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam belajar, mengerjakan tugas maupun melakukan pekerjaan lainya,  belum lagi jika mahasiswa tersebut jauh tempat tinggalnya dan menghabiskan waktunya di kampus sehingga perlu sebuah komputer yang bisa di bawa kemana-mana(mobile) agar mempermudah pekerjannya.

2.            Tujuan 
Melihat kebutuhan komputer yang begitu besar khususnya notebook ataupun netbook, untuk mempermudah pekerjaan. Sehingga pelajar, mahasiswa, pegawai dapat mengerjakan pekerjaan dimanapun dan tidak pelu mencari komputer untuk membuka file yang ada di flash disk atau memory lainya. Cukup dengan membawa notebook atau netbook dunia serasa di tangan kita. Oleh karena itu kami dari management NINDI company hendak menawarkan kerjasama dengan PT. Amour dalam bidang pemasaran notebook dan netbook di lingkungan :
a.            Sekolah
b.            Kampus
c.             instansi (pemerintahan, perusahaan).

3.            Penawaran Kerjasama
Kami menawarkan kerjasama yang harapanya kedua belah pihak dapat menjalin komunikasi yang baik dan saling bermanfaat antara Pihak pertama ( NINDI ), Pihak Kedua (PT Amour) maupun pihak konsumen. Penawaran kerjasama ini meliputi :
1. Pihak Pertama, akan memasarkan produk dari Pihak kedua, di beberapa jaringan yang di miliki NINDI, baik sekolah, Kampus maupun intansi. Dengan catatan Pihak Kedua dapat menurunkan harga per-unit lebih rendah dari pada harga produk di toko-toko komputer lainya atau kompetitor.
2. Pihak Pertama, memiliki kewajiban untuk melakukan penawaran dan negosisasi kepada pembeli.
3. Pihak Pertama, akan menyediakan Katalog produk dari pihak Kedua dan biaya katalog maupun proposal di tangung oleh Pihak Pertama. Dengan catatan Pihak kedua memberikan content dari produknya yang meliputi: foto produk, harga produk yang telah di turunkan, spesifikasi Produk, Bonus (jika ada).
4. Pihak Pertama, tidak akan menambah harga dari penurunan harga yang telah di sepakati antara pihak kedua dengan pihak pertama.
5. Pihak Pertama memperoleh fee 32 % dari keuntungan penjualan Produk pihak kedua per-unit.
6. Pihak Kedua, memperoleh kemudahan dalam memasarkan produknya dalam jumlah besar.
7. Pihak Kedua, tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi kepada pihak pertama.
8. Pihak Kedua, menangung biaya Pengiriman barang ke konsumen dan nota di sediakan oleh Pihak Kedua.
9. Pihak Kedua, mampu menyediakan Pesanan dalam jumlah Besar maximal 2 bulan setelah Pemesanan.
10. Pihak Kedua, mengurusi garansi dan komplen produk dari konsumen.
11. Pihak Pertama, harus turut serta ketika pengiriman barang yang dilakukan oleh pihak ke-dua kepada pemesan.
12. Pemesan, Harus Menanda tanggani Bukti Pengiriman yang di sediakan oleh pihak Pertama.
13. Pembayaran :
a.  Pilihan pertama : Pembayaran dari pembeli di kirim transfer via rekening bank ke : Pihak Pertama.
b. Pilihan pertama : Pembayaran dari pembeli di kirim transfer via rekening bank ke : Pihak Kedua.
14. Pihak Pertama, mengizinkan Pihak kedua membawa sample notebook atau netbook, ketika Pembeli inggin melihat sample produk pihak kedua.(dengan ketentuan yang akan di sepakati oleh pihak kedua dan pihak pertama).
15. Akad jual beli antara penjual dan pembeli akan di lakukan jika Pembeli telah menanda tanggani Perjajian Jual-Beli dari Pihak Pertama. Dan Minimal Pihak kedua telah menerima 25% - 50 % uang pembayaran dari pembeli.
16. Jika Pihak Pertama telah menerima Hak nomer 15 maka Pihak kedua Wajib menyediakan barang sesuai jumlah Pesanan. Maximal 3 hari setelah Uang di terima, pihak kedua mulai memproses pesanan.
17. Pihak pembeli akan di berikan kewajiban membayar full maximal 20 hari setelah barang di sediakan atau setelah barang di kirim.
18. Segala permasalahan yang terjadi diluar dari isi perjanjian ini akan di susun dan di diskusikan kembali.
Catatan:
Lembar ini adalah Lembar tawaran kerjasama. Maka Lembar penawaran ini masih memungkinkan untuk di ubah sesuai kesepakatan dari pihak pertama dan pihak kedua yang akan bekerja sama.
4. Peluang Keberhasilan
Kerjasama ini memiliki Peluang keberhasilan, di antaranya:
a. Segi Sekolah :
- Dengan kehadiran netbook di sekolah maka dapat di gunakan sebagai ajang promosi sekolah untuk menarik siswa dan meningkatkan pamor sekolah dengan sekolah-sekolah lainya.
- Daerah Istimewa Yogyakarta, di beberapa Sekolah tidak dapat dipungkiri karena telah memakai layanan Free hot spot area di sekolah sehingga sangat bermanfaat bagi Siswa maupun guru. Dalam memanfaatkan layanan hot spot tersebut. Terlebih para guru dapat lebih mudah mengajar dengan dunia di dalam tas jinjingnya(koneksi internet)
- Akan ada nuansa exclusive jika siswa yang masuk sekolah langsung mendapat Netbook.
b. Segi Mahasiswa:
-  Orang tua Mahasiswa akan merasa lebih ringan jika memperoleh fasilitas notebook atau netbook dari kampus ketika anaknya mendaftar, walaupun biaya pendaftaran kuliah menjadi naik beberapa nominal. Di bandingkan jika orang tua harus membelikan notebook atau netbook setelah anaknya telah menjadi mahasiswa.
-  Jika mahasiswa mendapat notebook atau netbook ketika awal kuliah, maka ini akan menjadi salah satu ajang promosi pihak kampus. Contohnya : mengadakan promosi untuk masuk ke kampusnya dengan fasilitas medanpat Notebook atau netbook GRATIS, walaupun dalam segi angaran pendaftaran Mahasiswa naik.
- Banyaknya mahasiswa yang mengeluh kesulitan dalam mengerjakan tugas kuliah, terlebih ketika tempat tinggal mahasiswa jauh dari kampus dan mahasiswa memiliki kondisi mobile, sehingga sangat membantu jika memiliki notebook dan netbook yang bisa di bawa kemana-mana.
- Kencemburuan yang hadir di beberapa kalangan mahasiswa karena ada salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki promo Masuk kuliah dapet netbook gratis. Dengan begitu akan mempermudah penawaran kita kepada Kampus karena adanya kecemburuan tersebut.
- Untuk Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, hampir seluruh Perguruan Tinggi memiliki layanan free Hot spot area bagi mahasiswanya. Dan masih sedikit mahasiswa yang memanfaatkan layanan tersebut dengn perangkat IT milik mereka pribadi.
c. Segi Instansi:
- Kebutuhan teknologi informasi berupa notebook maupun netbook sangat di butuhkan untuk mempermudah pekerjaan. Sehingga perusahaan yang mengadakan jam lembur di kantor dengan komputer desktop tak lagi menjadi beban bagi pegawai karena pekerjaanya dapat di kerjakan di rumah bahkan di coffee shoup.
- Kehadiran netbook dan notebook akan lebih memudahkan pekerjaan di instansi. Karena para pegawai dapat membawa kantor ke dalam tas ranselnya(bekerja dengan data-data kantor dalam notebooknya).
          
5.            Sistem Penjualan
Pada kerjasama ini kami menawarkan sebuah sistem, yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) antara Managemen NINDI company, PT…., dan pembeli. Sistem penjualan kami jabarakan sebagai berikut:
-              Managemen NINDI akan mengajukan penawaran dan negosiasi langsung kepada pembeli.  Adapun penawaran tersebut berupa proposal kerjasama antara Management NINDI dengan Pembeli di sertai dengan Katalog Produk dari PT Amour.
-              Dalam Proposal meliputi :
a.            Kerjasama antara Managemen Nindi dengan pembeli, dan membuat sebuah kesepakatan dalam hal proses pembelian.
b.            Akan adanya butir-butir baru di dalam kerjasama dari hasil kespakatan yang di ambil oleh managemen Nindi dengan Pembeli. Dengan catatan Kesepakatan yang diambil tidak memberatkan dan tidak merugikan PT Amour atau pihak lain maupun merugikan segala pihak.
c.             Salah satu kesepakatan yang akan terjadi adalah batas waktu penyedian Barang dengan persetujuan PT.Amour dan batas pembayaran Pembeli.
d.            Setelah kesepakatan terjadi maka Managemen NINDI dan Pembeli akan menandatangani MOU kerjasama pembelian di atas materai 6000.
e.            Setelah terjalin kesepakatan dan telah menanda tangani MOU maka, Proposal atau lembar perjanjian akan di gandakan( tanpa  mengubah master aslinya) dan di pegang oleh PT . Amour, Managemen NINDI dan Pembeli.
-              Dalam Katalog :
a.            Managemen NINDI akan mengajukan penawaran kerjasama dengan Proposal dan untuk pengenalan produk PT. Amour akan di buatkan katalog produk.
b.            Katalog produk berupa : foto Produk PT.Amour, Harga Produk( harga pembelian satu unit dan harga partai besar), Spesifikasi Produk, Bonus (jika Ada).
c.             Setelah content di berikan PT. Amour kepada Managemen NINDI maka, content tersebut di bagi beberapa katagori: Katagori Pelajar (spesifikasi di sesuaikan dengan kebutuhan Pelajar), Kategori Guru ( Spesifikasi di sesuaikan kebutuhan Kebutuhan Guru), Kategori Mahasiswa non-jurusan IT (Spesifikasi di sesuaikan kebutuhan Kebutuhan mahasiswa, minimal dapat memperoses MATLAB, Adobe Photoshop, corel, ZAHIR accounting dll), Kategori jurusan IT (Spesifikasi di sesuaikan kebutuhan mahasiswa minimal bisa memproses adobe, netbeans dll) kategori instansi Spesifikasi di sesuaikan kebutuhan Instansi minimal ZAHIR dll) dan kategori umum yang meliputi spek gamming, spek multimedia, spek middle-low.
d.            Katalog ini bertujuan untuk mempermudah Pembeli dalam memilih produk sesuai kebutuhan yang di perlukan. Dan lebih termanagemeni dalam tampilanya.
-              Jika Pembeli inggin Melihat satu sample produk maka NINDI akan membawakan sample produk di hari berikutnya dengan izin dan sepengetahuan PT.Amour.
-              Ketika Produk telah di lihat dan di pastikan sesuai dengan yang di harapkan(sesuai katalog) maka akan di lanjutkan dengan perjanjian kerjasama dan Kontrak kerjasama (jika sekiranya di perlukan). Dimana kontrak tersebut akan menunjukan pengunaan sistem pembelian dari NINDI namun untuk content produk beserta harga akan berubah (menyesuaikan stok dari PT.Amour).
-              Setelah Produk di pilih dan MOU di tanda tangani maka akan segera di proses dengan sistem :
a.            Pembeli dan Managemen Nindi telah bernegosiasi.
b.            Setelah pembeli dan Managemen Nindi menandatangi MOU sebagai bukti deal, maka dari managemen Nindi segera konfirmasi kepada PT Amour, melaporkan jenis produk dan jumlah produk yang di pesan.
c.             Pada batas waktu yang telah di sepakati maka kewajiban dari tiga belah pihak harus di penuhi.
6.            Patner NINDI
Sasaran Pasar dalam kerjasama ini adalah di berbagai jaringan atau lembaga yang menjalin hubungan dengan Nindi, yaitu:
1.            Koperasi Mahasiswa Universitas Gadjah Mada
2.            Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
3.            Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret( UNS)
4.            Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (Fakultas Ekonomi)
5.            Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (Kaliurang)
6.            Koperasi Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan(kampus 1)
7.            Koperasi Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan(kampus 2)
8.            Koperasi Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan(kampus 3)
9.            Koperasi Mahasiswa  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
10.          Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
11.          Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang
12.          Entrepreneur Campus STMIK AMIKOM Yogyakarta
Link Pasar
1.            Sekolah :
a.            SMA Negeri 1 Sleman
b.            SMA Negeri 8 Yogyakarta
c.             SMA Negeri 1 Godean
d.            SMA Negeri 1 Seyegan
2.            Fakultas :
a.            Matematika Universitas Ahmad Dahlan.
b.            IT center Universitas Negeri Sebalas Maret
c.             Teknik Informasi Universitas Islam Indonesia
3.            Instansi :
a.           
7.            Penutup
                Demikian Proposal Kerjasam Ini Kami Sampaikan, semoga anatara PT.Amour dan Managemen NINDI company dapat terjalin komunikasi yang baik dan kerjasama yang saling memberi manfaat.



                                                                                                            Hormat kami,
                                                                                                            Managemen NINDI  Company


                                                                                                             Rinto Tri Jatmiko


Tidak ada komentar:

Posting Komentar